Welcome to Poltekbang Makassar
single
5 ALASAN DONOR DARAH HARUS DILAKUKAN RUTIN

Kenapa seh #sobattaruna harus rutin donor darah? Ini dia alasannya.

1. Membantu mendeteksi adanya penyakit serius. Saat kamu melakukan donor darah, kamu akan melakukan rangkaian tes kesehatan seperti denyut nadi, tekanan darah, kadar hemoglobin dalam darah. Tujuannya untuk menentukan apakah kamu memang bisa mendonorkan darahmu atau tidak. Selain itu darah kamu akan melakukan rangkaian tes untuk mengetahui apakah kamu memiliki indikasi penyakit seperti malaria, sifilis, dan hepatitis serta HIV. Dengan melakukan prosedur tersebut, kamu bisa tahu apabila tubuh kamu terindikasi penyakit yang serius.

2. Membantu mendapatkan berat badan yang ideal. Dengan melakukan donor darah, secara langsung kamu membuang kalori sebesar 650 kalori tanpa harus melakukan aktifitas fisik berat. Tentu saja harus diimbangi dengan pola hidup sehat.

3. Terhindar dari gangguan jantung dan masalah pembuluh jantung. Tahukah kamu bahwa jika darah yang mengental bisa membuat kamu rentan mengalami masalah serius. Darah yang kental bisa menimbulkan gesekan yang berakibat pembuluh darah rusak dan memicu sumbatan.

4. Terhindar dari resiko kanker. Dengan menyumbangkan darah, kamu turut menyumbang zat besi dalam tubuh, sehingga jumlahnya jadi lebih terkendali. Perlu diketahui, jumlah zat besi yang banyak dalam tubuh akan rentan terserang radikal bebas.

5. Membantu menyelamatkan nyawa orang lain. Orang - orang dengan komplikasi kehamilan, anak - anak dengan anemia akut, korban kecelakaan atau bencana, pasien yang mengalami prosedur bedah kompleks, pengidap thalasemia dan penyakit sel sabit, sangat membutuhkan darah tambahan untuk bisa melalui tahapan krusial dan tetap bertahan hidup.

Selamat Datang di Politeknik Penerbangan Makassar

Leave Comments