Welcome to Poltekbang Makassar
single
BAGI SOBAT TARUNA YANG INGIN MENGETAHUI APA SAJA KERJAAN PARA PETUGAS LALU LINTAS UDARA (ATC) SILAHKAN BACA CAPTION DIBAWAH.

Semangat Pagi.
#sobattaruna kita refresh lagi yuk Petugas Lalu Lintas Udara ( Air Traffic Controller) itu kerjaannya seperti apa dan area kerjanya di mana. Neh Mimin kasi tahu lagi yaah..

Air Traffic Controller adalah profesi yang memberikan layanan pengaturan dan memandu lalu lintas di udara untuk mencegah tabrakan antar pesawat terbang yang berada di daerah pergerakan pesawat udara. Pengaturan lalu lintas ini dimulai saat pilot pesawat melakukan komunikasi pertama kali, saat berada di ruang udara sampai dengan pesawat tersebut mendarat di bandara tujuan. Di wilayah Indonesia sendiri telah terbagi dalam zona pengawasan dan batasan - batasan ruang udara yang telah ditentukan antara lain Zona Pelayanan Aeronautika Flight Information Services (AFIS), Area Aerodrome Control (ADC), Approach Control (APP), Area Control Center (ACC), Flight Information Center, dan Flight Sevices Station sesuai persyaratan ICAO.

Untuk menjadi seorang ATC, kalian harus mengikuti pendidikan yang dilaksanakan di sekolah perhubungan udara yang ada di Indonesia salah satunya Poltekbang Makassar dan untuk mendapatkan license Senior ATC, kalian harus menempuh pendidikan selama 3 Tahun di Poltekbang Makassar. Oh yah, Kemampuan berbahasa inggris bagi seorang pemandu lalu lintas udara menjadi senjata utama untuk berkomunikasi bersama pilot sebagai mana diketahui berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan No 1 tahun 2004, sertifikasi ICAO English Language Proficiency Level 4 merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh personel ATC.

Mungkin banyak yang tidak tahu lokasi tempat kerja petugas ATC itu di mana. Itu dikarenakan tempatnya berada di area terbatas atau lebih keren disebut Restricted area. Nah, untuk tahu tempat kerja mereka sebenarnya sangat gampang. Apabila kalian bepergian menggunakan pesawat udara, anda akan dengan mudah menemukan bangunan tertinggi di bandara yang disebut TOWER.

"They guide you home safely"

Selamat Datang di Politeknik Penerbangan Makassar

Leave Comments